Cara Mencari ID Scopus

Kadangkala kita penasaran, ingin tahu apakah artikel yang telah terbit dalam Jurnal terindeks Scopus telah masuk dalam dbase scopus sebagai lembaga pengindeks-nya. Untuk itu berikut disajikan cara melihat apakah jurnal Bapak/Ibu/Saudara/Saudari telah masuk dalam Indeks dimaksud:

1. Buka link Scopus di https://www.scopus.com/

2. Pada Menu atas nanti akan ada pilihan Author Search
Setelah itu, masukkan nama belakang/author last name anda Misal: Nama anda adalah Caturida Meiwanto Doktoralina maka yang anda lakukan adalah ketik Doktoralina, di menu sebelahnya ketik Nama depan anda/author first name Caturida Meiwanto.

3. Pada Menu Bawah ada tertulis Affiliation, jika saudara Bekerja sebagai dosen/mahasiswa di Universitas tertentu dan saat mendaftarkan menggunakan nama institusi tersebut, maka sebutkan nama institusi tersebut (optional jika saudara memiliki nama yang memiliki kesamaan). Kadangkala tertulis nama berbeda beda Misalkan : Universitas Mercu Buana, Mercu Buana University, University of Mercu Buana. Jadi jika kurang yakin mengisi ini, maka lalui saja. Menu ini sangat membatu cepat mencari dan menelusur.

4. Masih terdapat beberapa nama dosen dengan Afiliasi Universitas lain karena dijadikan syarat bahwa lulusan wajib Jurnal Internasional bereputasi terindeks scopus. Oleh itu banyak menggunakan nama Afiliasi Universitas tersebut sebagai suatu syarat dan Penulis tetap mendapatkan ID Scopus tetapi Afiliasi ada di Kampus beliau melaksanakan Studi.

Demikian, Selamat Berkarya dan Jauhkan dari Plagiat. Banyak kajian yang sebetulnya dapat dilakukan dengan Joint Research pada seluruhh rekan dosen di berbagai kampus baik didalam dan luar negeri.

Share this post