Inovasi Baru dalam Suatu Karya Ilmiah

Beberapa penulis mempertanyakan apakah Inovasi baru dimaksud jika berhubungan dengan Karya Ilmiah seperti Jurnal/Laporan Skripsi/Thesis/Desertasi sehingga dapat dituliskan dalam narasi dan menjadi daya ‘dongkrak’ tulisan ilmiah yang tepat.

Sehingga, pada umumnya dalam peran Keuangan tradisional selalu memperhatikan masa lalu sebagai data masa lalu dan kemudian ditabulasikan dan kurang dalam memprediksikan masa depan yang belum/tidak mungkin pernah terjadi. Padahal suatu riset memerlukan daya nalar yang baik dari seorang penulis. Nah, beberapa penulis terpaku dalam penulisan memperhatikan apa yang ada saat ini saja namun antisipasi atas masalah kajian kurang diperhitungkan.

Sepatutnya sebagai pengkaji, tidak boleh muncul kebanggaan atas karya kualitatif maupun kuantitatif atau banyaknya suatu karya. Namun suatu karya yang baik dipastikan memiliki orisinalitas dan perbedaan berbanding riset sebelumnya dan pengungkapan atas fakta dan realitas sebenarnya secara objektif. Beberapa peneliti justeru kuatir apabila memiliki hasil yang tidak signifikan pada hasil akhirnya, padahal hal tersebut tidak berpengaruh pada suatu project penelitian.

Share this post