Menulis di Web of Science (ISI) Indexed

Menulis sebuah karya dalam bentuk artikel memang memerlukan perhatian penuh dalam kajian yang akan menjadi pembahasan. Selain SCOPUS (Netherland), Tim PAK Dikti membuat aturan bahwa Index ISI Knowledge -Thomson Reuter/Web of Science (USA ) boleh menjadi rujukan dalam penulisan artikel. Untuk itu, mari kita memperhatikan daftar Sosial Science Journal yang ada didalamnya agar menjadi rujukan penulisan kita.

Beberapa author menyebutkan bahwa Web of Science (ISI) lebih tinggi peringkatnya berbanding scopus. Menurut saya ini tidak dapat dibandingkan karena mereka berbeda dalam index. Scopus dalam pemeringkatan memperkenalkan Q1, Q2, Q3, Q4 dan beberapa jurnal yang baru lolos tahapan indexed di scopus.com namun belum memenuhi lolos tahapan penilaian metrix yang ditetapkan.

Sementara Web of science (ISI) memperkenalkan Science Citation Index Expanded (SCIE), Social Sciences Citation Index (SSCI), Arts & Humanities Citation Index (AHCI), dan Emerging Sources Citation Index (ESCI).

Jadi yang membedakan itu ya menurut persepsi penyelenggara masing-masing. Secara politis ada yang menyatakan mengikut kepada scopus ada juga web of science… ya itu silahkan saja. The most important is bagi para calon Sarjana/Bapak/Ibu adalah artikel yang akan dipublikasikan wajib mengikuti proses administratif yang ditentukan oleh publisher dan lakukan langkah berikut:

  1. Jika anda tidak terbiasa menulis dalam bahasa asing, pastikan mengirim naskah kepada yang memiliki pemahaman bahasa dimaksud;
  2. Lakukan Proofediting dan Proofreading kepada lembaga yang bereputasi;
  3. Lakukan pengecekan plagiarsm melalui mesin anti-plagiarsm, upayakan kesamaan draft artikel adalah 10-13%. Lampirkan seluruh bukti pemeriksaan draft artikel kepada Jurnal yang menjadi tujuan;
  4. Pastikan ada Novelty dalam artikel anda;
  5. Pastikan melihat scope jurnal dan jangan salah mengirim;
  6. Pastikan langkah taat azas lainnya yang ditetapkan oleh masing-masing publisher.

Para calon Sarjana/Bapak/Ibu dapat melihat langsung Journal Citation Report (JCR), memahami apa itu Status of Open Access Journals dan melakukan pengecekan jurnal tujuan apakah masih terindex atau telah discontinued.

Accounting Historians Journal Accounting Horizons Accounting Organizations And Society
Asian Academy Of Management Journal Of Accounting And Finance
Asia-Pacific Management Accounting Journal
Behavioral Research In Accounting
Journal Of Accounting & Economics
Issues In Accounting Education
Journal Of Accounting Research
Journal Of Business Finance & Accounting
Journal Of Emerging Technologies In Accounting
Journal Of International Accounting Research
Journal Of Management Accounting Research
Asian Journal Of Business And Accounting
Abacus-A Journal Of Accounting Finance And Business Studies
Etc. Masih banyak lagi

Asian Academy Of Management Journal Of Accounting And Finance
Australasian Accounting Business and Finance Journal
China Journal Of Accounting Research
Indonesian Journal Of Sustainability Accounting And Management
Revista De Contabilidad-Spanish Accounting Review
Etc. Masih banyak lagi

Untuk tujuan memudahkan dan banyaknya Jurnal, Para Calon Sarjana/Bapak/Ibu sekalian boleh melihat secara langung mana-mana Jurnal yang pantas untuk menjadi tempat dalam mempublikasikan draft artikel melalui Link Daftar List Journal ini atau jika sesuai dengan scope variasi kajian dan khusus scope kajian Social Science. Journals#1-500; Journals#501-1000; Journals#1001-1500; Journals#1501-2000; Journals#2001-2500; Journals#2501-3000; Journals#3001-3416

Selamat Berkarya dalam Dakwah Akademik.
Bersatu, Bekerja, Membangun Negeri

Share this post